Contoh Soal Listrik Statis Kelas 9

Contoh Soal Listrik Statis Kelas 9

Posted on

Contoh Soal Listrik Statis Kelas 9

Contoh Soal Listrik Statis Kelas 9

  1. Seorang siswa menggosokkan batang kaca dengan kain wol. Setelah digosok, batang kaca menjadi bermuatan listrik positif. Mengapa demikian?

  2. Dua buah balon karet digosok-gosokkan dengan rambut. Setelah digosok, kedua balon menjadi bermuatan listrik negatif. Mengapa demikian?

  3. Sebuah elektroskop berdaun emas diberi muatan listrik positif. Kemudian, sebuah bola logam bermuatan listrik negatif didekatkan ke elektroskop. Apa yang akan terjadi pada daun elektroskop?

  4. Sebuah bola logam bermuatan listrik positif diberi muatan listrik negatif. Setelah diberi muatan listrik negatif, bola logam tersebut menjadi netral. Mengapa demikian?

  5. Sebuah benda bermuatan listrik positif didekatkan ke sebuah benda bermuatan listrik negatif. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

  6. Sebuah benda bermuatan listrik positif didekatkan ke sebuah benda netral. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

  7. Dua buah benda bermuatan listrik negatif didekatkan satu sama lain. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

  8. Sebuah benda bermuatan listrik positif didekatkan ke sebuah benda bermuatan listrik positif. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

  9. Sebuah benda bermuatan listrik negatif didekatkan ke sebuah benda bermuatan listrik negatif. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

  10. Sebuah benda netral didekatkan ke sebuah benda bermuatan listrik positif. Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut?

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Baca Juga:  Contoh Soal Wirausaha Rekayasa Jasa Profesi Dan Profesionalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *