Contoh Soal Gelombang Bunyi

Contoh Soal Gelombang Bunyi

Posted on

Contoh Soal Gelombang Bunyi

Contoh Soal Gelombang Bunyi dalam Bahasa Indonesia

  1. Sebuah gelombang bunyi merambat melalui udara dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensinya 256 Hz, tentukan panjang gelombang bunyi tersebut.

  2. Sebuah garpu tala bergetar dengan frekuensi 440 Hz. Jika garpu tala tersebut dibunyikan di dekat sebuah tabung berisi air, tentukan panjang gelombang bunyi yang merambat di dalam air jika kecepatan bunyi di dalam air adalah 1480 m/s.

  3. Sebuah sumber bunyi memiliki intensitas 10 W/m2. Jika sumber bunyi tersebut berada pada jarak 10 m dari seorang pendengar, tentukan tingkat intensitas bunyi yang diterima oleh pendengar tersebut.

  4. Sebuah gelombang bunyi memiliki amplitudo 0,01 m dan frekuensi 1024 Hz. Jika gelombang bunyi tersebut merambat melalui udara dengan kecepatan 340 m/s, tentukan panjang gelombang bunyi tersebut.

  5. Sebuah sumber bunyi memiliki intensitas 100 W/m2. Jika sumber bunyi tersebut berada pada jarak 20 m dari seorang pendengar, tentukan tingkat intensitas bunyi yang diterima oleh pendengar tersebut.

  6. Sebuah gelombang bunyi merambat melalui udara dengan kecepatan 340 m/s. Jika panjang gelombang bunyi tersebut adalah 0,85 m, tentukan frekuensinya.

  7. Sebuah garpu tala bergetar dengan frekuensi 512 Hz. Jika garpu tala tersebut dibunyikan di dekat sebuah tabung berisi air, tentukan panjang gelombang bunyi yang merambat di dalam air jika kecepatan bunyi di dalam air adalah 1480 m/s.

  8. Sebuah sumber bunyi memiliki intensitas 12 W/m2. Jika sumber bunyi tersebut berada pada jarak 15 m dari seorang pendengar, tentukan tingkat intensitas bunyi yang diterima oleh pendengar tersebut.

  9. Sebuah gelombang bunyi memiliki amplitudo 0,005 m dan frekuensi 2048 Hz. Jika gelombang bunyi tersebut merambat melalui udara dengan kecepatan 340 m/s, tentukan panjang gelombang bunyi tersebut.

  10. Sebuah sumber bunyi memiliki intensitas 150 W/m2. Jika sumber bunyi tersebut berada pada jarak 25 m dari seorang pendengar, tentukan tingkat intensitas bunyi yang diterima oleh pendengar tersebut.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Baca Juga:  Contoh Soal Kehamilan Beserta Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *