metode pembelajaran

4 Metode Pembelajaran yang Cocok untuk Guru Kurikulum Merdeka

Posted on

Metode Pembelajaran – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mencanangkan kurikulum merdeka sebagai pengganti kurikulum K13 yang dinilai sudah tidak relevan terhadap kondisi masa

Sampai atas keputusan ini disambutlah dengan baik oleh berbagai kalangan tercantum para akademisi.

Sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yakni mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Sampai, dibawah ini ialah .

Metode Pembelajaran yang cocok buat digunakan pada kurikulum merdeka

1. Metode Pembelajaran Problem Based Learning( PBL)

Tata metode ini ialah tata metode belajar dengan tujuan pemecahan kasus terhadap suatu permasalahan dengan tata cara kelompok.

Dalam tata metode pembelajaran ini siswa dituntut buat berfikir kritis dan solutif. Tidak cuma itu memberikan pengertian kepada siswa tentang toleransi dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari orang lain.

Memahamkan kepada siswa jika segala kasus maupun masalah pasti ada solusinya. Kelebihan lain ialah dengan mengenakan tata metode ini siswa jadi tertrigger dan tidak bosan.

2. Metode Pembelajaran Percobaan

Dalam tata metode percobaan tujuannya ialah meyakinkan kepada siswa jika materi ini benar adanya dengan pembuktian lewat percobaan.

Siswa lebih menerima tata metode ini dengan utuh, karena tidak hanya diajarkan secara teori di kelas. Tata metode ini mejadikan siswa sebagai orang yang memiliki keingintahuan besar.

3. Peer Teaching Method

Tata metode ini lebih mengaktifkan kembali tata cara kerja kelompok, mendiskusikan dan mempresentasikan sehabis itu memusatkan hasil diskusi kepada teman sekelasnya. Sehabis itu memberikan kesempatan kepada teman yang lain buat bertanya.

Tata metode ini memusatkan tentang keberanian dalam menjawab suatu masalah, sehabis itu mengaktifkan tenaga fikir dan tenaga nalar siswa.

4. Perancangan

Metode perancangan lebih mengaktifkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan jadi satu kesatuan tata metode dan dicoba dengan tata cara membuat sesuatu proyek secara orang maupun kelompok.

Baca Juga:  Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

Tata cara ini membantu mengaktifkan pola pikir kritis dan kreatif siswa dalam menempuh proyek. metode ini memusatkan tentang gimana ilmu pengetahuan yang diajarkan diimplementasikan secara nyata.

Masih banyak lagi tata metode yang sangat cocok buat kurikulum merdeka. Metode- tata cara yang di informasikan diatas segala tergantung pula terhadap kemampuan dan kompetensi guru.

Baca Juga :

Pengertian Problem Based Learning Menurut AhliUnduh Aplikasi Penilaian Kerja Guru Disini

Tingkatkan Literasi Guru dengan Join channel kami:

Grup FB:
https://www.facebook.com/groups/1325891104489126/?ref=share

Follow Instagram:
https://www.instagram.com/invites/contact/?i=1m52i6p1e70v7&utm_content=op97ufr

Grup Telegram:
https://t.me/+hFGLbzk8j1tjNDQ1

[silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *