problem based learning

Problem Based Learning Menurut Para Ahli

Posted on

Problem based learning adalah sistem pembelajaran yang berpijak pada masalah yang dihadapi siswa pada saat proses mendapatkan ilmu pengetahuan. Ini berfungsi agar siswa bisa mandiri dalam menemukan solusi berdasarkan masalah yang ada.

Dalam prosesnya, pembelajaran PBL atau dalam bahasa Indonesia berarti pembelajaran berbasis masalah (PBM) akan memanfaatkan strategi yang lebih terstruktur untuk menemukan solusi dari masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Dengan adanya landasan strategi ini, siswa bisa menuai hasil dari PBL sebagai pola pikir di masa depan guna menemukan solusi dari berbagai macam masalah yang akan dihadapi. Sehingga problematika dalam hidup akan berangsur-angsur teratasi.

Pengertian Program Based Learning

Pembelajaran berbasis masalah adalah rentetan kegiatan pembelajaran yang bertumpu suatu masalah yang nantinya akan di pecahkan dengan cara ilmiah. Pengeritan tersebut diutarakan oleh Sanjaya (2006: 214).

Pembelajaran PBL ini menurut J. Duch (1994) adalah instruksi kepada siswa untuk selalu belajar. Menciptakan kolaborasi yang solid dalam suatu grup untuk memecahkan masalah yang ada.

Materi masalah yang dibuat authority untuk siswa, nantinya bermanfaat untuk menumbuhkan kecakapan dalam analisis, inisiatif dan kritis yang backbone nantinya akan terbenam pada pola pikir peserta didik.

Bila disimpulkan pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approach) di backbone siswa akan membahas suatu materi dengan bekerja dalam grup untuk memecahkan masalah.

Baca Juga:  Perpustakaan Keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *