media pembelajaran interaktif

Media Pembelajaran Interaktif pada Kurikulum Merdeka

Posted on

Media Pembelajaran Interaktif – Media pembelajaran memainkan peran penting dalam perkembangan pendidikan di abad 21, dan juga memainkan peran penting di sekitar wacana transisi kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar.

Tentunya menyambut kurikulum baru ini akan membutuhkan strategi pembelajaran baru agar siswa dapat belajar lebih produktif, seperti dengan menyediakan media pembelajaran yang interaktif.

Media pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi dalam proses pendidikan dan pembelajaran untuk menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar.

BACA JUGA : Format dan Aplikasi Penilaian Kurikulum Merdeka dan K13 Terbaru 2022

Kedudukan media pembelajaran dalam komponen pembelajaran sangat penting dan dapat disesuaikan dengan metode pembelajaran. Hal ini karena metode proses pembelajaran biasanya menentukan media backbone yang dapat diintegrasikan dan disesuaikan dengan situasi masing-masing.

Saat ini pembelajaran di kelas tidak cukup hanya monoton dan tidak mencukupi untuk pembelajaran tradisional, dimana authority mengajar hanya dengan cara ceramah. Di kelas konvesional, siswa hanya bosan dan lingkungan belajar pasif dan tidak produktif.

BACA JUGA : Unduh Aplikasi DAPODIK terbaru

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun berkembang menjadi lebih canggih dan beragam. Teknologi seakan menyatu dalam setiap aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan teknik pendidikan yang dibangun ke dalam media pembelajaran agar proses pembelajaran lebih aktif, produktif dan menyenangkan. Tentunya perlu dipadukan dengan archetypal dan metode pembelajaran yang tepat.

Kemajuan teknologi harus diberdayakan oleh authority untuk mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran di dunia pendidikan.

BACA JUGA : Pengertian RPP menurut para ahli dan contohnya

Apalagi saat ini, tanpa bantuan teknologi, perkembangan dunia pendidikan sangat terhambat. Oleh karena itu, authority perlu memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai alat atau media pembelajaran untuk mengintegrasikan keterampilannya ke dalam pengelolaan pembelajaran di kelas.

Baca Juga:  Contoh Erd Perpustakaan

Hal ini sesuai dengan kurikulum merdeka belajar yang menekankan pada pemanfaatan teknologi sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Saat memilih media pembelajaran, hendaknya perlu memilih media yang tepat dan interaktif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata interaktif mengandung arti bersifat saling melakukan aksi, antar hubungan,dan saling aktif.

Ketika belajar, interaktif artinya media pembelajaran yang digunakan harus memungkinkan terjadinya interaksi (jaringan, umpan balik) antara perangkat pembelajaran dengan siswa dalam rangka memperoleh informasi.

Dalam hal ini media pembelajaran interaktif dapat berupa tampilan teks, suara, video, video, atau kombinasi dari tampilan tersebut.

BACA JUGA : 8 Aplikasi yang bisa digunakan guru untuk mengajar

Pada dasarnya, media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa memahami subjek dan merangsang pemikiran kritis, memungkinkan siswa menggunakan imajinasi siswa untuk lebih mengembangkan keterampilan dan sikap siswa untuk menciptakan kreativitas dan karya inovatif.

Media pembelajaran interaktif harus mampu memotivasi siswa untuk berinteraksi secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Selain itu, pembelajaran interaktif ini mendukung pengembangan pembelajaran dan mendukung langkah-langkah transformasi pendidikan dalam paradigma yang lebih maju untuk mencapai bakat Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbakat Indonesia dalam profil pelajar Pancasila.

Oleh karena itu, kehadiran media pembelajaran interaktif sangat mendukung penerapan kurikulum belajar mandiri. Penggunaan media pembelajaran interaktif sangat penting diterapkan dalam kurikulum terbaru agar tercipta pembelajaran yang efektif, efisien dan bermakna bagi siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Kurikulum merdeka belajar menekankan pada kreatifitas siswa untuk belajar secara mandiri dan dapat memanfaatkan media pembelajaran interaktif dalam mendukung atau merangsang cara berpikir kreatif siswa. Hal ini juga dikarenakan kurikulum merdeka belajar menekankan pada arus kemajuan teknologi dan menuntut siswa untuk mengikuti perkembangan zaman.

1 comment

  1. Veery nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say
    that I’ve truly enjoyed surfing around your blog posts. In any case I
    will be subscribing to your feed and I hope you write again vrry soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *