workshop menyusun ptk

Workshop Menyusun PTK dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat yang di hadiri Seluruh guru di Indonesia

Posted on

Workshop Menyusun PTK dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat yang di hadiri Seluruh guru di Indonesia bertujuan untuk membantu guru meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penelitian dan inovasi. Tujuan dari workshop menyusun Ptk ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya PTK dan karya inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan panduan tentang bagaimana menyusun PTK dan karya inovatif yang efektif.

Apa itu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?

1. Definisi PTK

PTK adalah singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. PTK merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh para guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas mereka. Dalam PTK, para guru akan melakukan penelitian terhadap permasalahan yang ditemukan di kelas, dan merancang sebuah tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut. Setelah itu, para guru akan melaksanakan tindakan tersebut di kelas, dan mengevaluasi hasilnya. Hasil evaluasi tersebut akan digunakan untuk memperbaiki tindakan di masa depan.

2. Tujuan PTK

Tujuan PTK adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas melalui penelitian dan tindakan yang dilakukan oleh para guru. Dalam PTK, para guru dapat menentukan masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran di kelas mereka, dan merancang tindakan yang efektif untuk memperbaikinya.

3. Langkah – Langkah dalam PTK

Adapun langkah-langkah dalam PTK antara lain:

  1. Pengamatan Awal Guru harus melakukan pengamatan awal terhadap masalah atau kendala yang ada dalam pembelajaran di kelasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara observasi, wawancara, atau penyebaran kuesioner kepada siswa.
  2. Perencanaan Setelah masalah atau kendala ditemukan, guru harus merencanakan tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Tindakan tersebut haruslah spesifik, terukur, dapat dijalankan, dan mempunyai tujuan yang jelas.
  3. Pelaksanaan Tindakan Setelah merencanakan tindakan, guru harus melaksanakan tindakan tersebut di kelas. Guru harus memastikan bahwa tindakan yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Pengamatan dan Evaluasi Setelah melaksanakan tindakan, guru harus melakukan pengamatan dan evaluasi terhadap hasil tindakan yang dilakukan. Evaluasi dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengobservasi siswa, atau melakukan wawancara.
  5. Refleksi Setelah dilakukan evaluasi, guru harus merenungkan kembali hasil evaluasi tersebut dan mencari tahu hal-hal apa saja yang masih perlu diperbaiki. Setelah itu, guru dapat merencanakan tindakan perbaikan selanjutnya.
Baca Juga:  Daftar Pustaka Otomatis Online

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara sistematis, para guru akan dapat melakukan PTK dengan efektif dan efisien untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas mereka.

Apa itu karya inovatif?

1. Definisi Karya Inovatif

Karya inovatif adalah karya atau hasil karya yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan karya lainnya, baik dalam bentuk maupun isi. Karya inovatif dapat dihasilkan melalui proses kreatif yang melibatkan ide-ide baru, gagasan-gagasan yang segar, serta kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Karya inovatif dapat ditemukan dalam berbagai bidang, seperti seni, musik, teknologi, bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Salah satu ciri khas dari karya inovatif adalah kemampuannya untuk menghadirkan solusi baru atau cara pandang yang berbeda terhadap suatu masalah yang ada.

2. Tujuan Karya Inovatif

Tujuan dari karya inovatif adalah untuk memberikan solusi baru atau cara pandang yang segar terhadap suatu masalah atau kebutuhan yang ada. Karya inovatif dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan suatu bidang atau industri, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memberikan nilai tambah bagi guru atau siswa

.3. Jenis Karya Inovati Bagi Guru

Bagi guru, terdapat berbagai jenis karya inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dan pengembangan profesionalisme. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pengembangan Materi Pembelajaran Inovatif: Jenis karya inovatif ini berkaitan dengan pengembangan materi pembelajaran yang lebih menarik, kreatif, dan interaktif. Guru dapat mengembangkan materi pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, seperti video pembelajaran atau aplikasi pembelajaran berbasis game.
  2. Inovasi Metode Pembelajaran: Jenis karya inovatif ini berkaitan dengan pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang kolaboratif, seperti diskusi kelompok atau proyek pembelajaran.
  3. Inovasi Penilaian Pembelajaran: Jenis karya inovatif ini berkaitan dengan pengembangan metode penilaian pembelajaran yang lebih objektif dan memberikan gambaran yang jelas tentang pencapaian siswa. Guru dapat menggunakan teknologi untuk melakukan penilaian, seperti penggunaan aplikasi penilaian online.
  4. Pengembangan Karya Inovatif dalam Bidang Pendidikan: Jenis karya inovatif ini berkaitan dengan pengembangan karya inovatif yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Guru dapat mengembangkan karya inovatif seperti buku panduan atau materi pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa secara online.
Baca Juga:  Perpustakaan Kota Samarinda

Dalam mengembangkan karya inovatif bagi guru, diperlukan kreativitas dan pemikiran yang inovatif, serta kesadaran akan pentingnya pengembangan diri dan pengembangan pendidikan secara berkelanjutan.

Silahkan Isi Data Diri untuk Download Fasilitas Workshop Menyusun PTK dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat

Data Diri WS Download Fasilitas 15 Maret 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *