kiat sukses menyusun ptk

Kiat Sukses Menyusun PTK dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat

Posted on

Kiat Sukses Menyusun PTK – Kenaikan pangkat merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap guru. Selain memberikan kepuasan pribadi, kenaikan pangkat juga berarti meningkatkan kredibilitas dan penghasilan. Namun, untuk meraih kenaikan pangkat, seorang guru harus dapat menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan karya inovatif yang berkualitas.

Menyusun PTK dan karya inovatif bukanlah hal yang mudah. Seorang guru harus memiliki kemampuan dan keahlian tertentu dalam menyusun laporan tersebut. Namun, dengan mengikuti kiat sukses yang akan dibahas dalam artikel ini, Anda akan dapat meraih kenaikan pangkat dengan mudah.

Kiat Sukses Menyusun PTK dan Karya Inovatif Untuk Kenaikan Pangkat

  • Tentukan topik yang menarik

Pertama-tama, tentukan topik yang menarik untuk PTK dan karya inovatif Anda. Topik yang menarik akan membuat Anda lebih termotivasi untuk menyelesaikan proyek ini dengan baik. Pilih topik yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa atau dengan isu-isu terkini dalam dunia pendidikan.

  • Buat rencana kerja yang jelas

Setelah menentukan topik, buat rencana kerja yang jelas dan terinci. Rencana kerja yang baik akan membantu Anda menghindari prokrastinasi dan memastikan bahwa proyek tersebut selesai tepat waktu. Rencana kerja harus mencakup tahapan-tahapan yang harus dilakukan, batas waktu, dan bagaimana Anda akan mengevaluasi proyek tersebut.

  • Gunakan metode penelitian yang tepat

Metode penelitian yang digunakan juga sangat penting dalam menyusun PTK dan karya inovatif. Pastikan bahwa metode yang digunakan dapat memberikan data yang akurat dan dapat dipercaya. Selain itu, gunakan instrumen pengukuran yang tepat dan sesuai dengan tujuan penelitian.

  • Gunakan bahasa yang jelas dan lugas

PTK dan karya inovatif harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan lugas. Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami dan jangan menggunakan istilah-istilah yang tidak dikenal oleh pembaca. Pastikan bahwa laporan tersebut mudah dipahami oleh siapa saja.

Baca Juga:  Perpustakaan Gowa

FAQs

  • Apa yang dimaksud dengan PTK?

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. PTK dilakukan dengan mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, merencanakan tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut, melaksanakan tindakan tersebut, dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai.

  • Apa yang harus dilakukan jika mengalami kesulitan dalam menyusun PTK?

Jika mengalami kesulitan dalam menyusun PTK, sebaiknya mencari bantuan dari guru-guru yang lebih berpengalaman atau dari pembimbing PTK. Selain itu, juga dapat memperbanyak referensi dan membaca contoh-contoh laporan PTK yang telah berhasil.

  • Apa yang harus dilakukan untuk membuat karya inovatif yang berkualitas?

Untuk membuat karya inovatif yang berkualitas, sebaiknya mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan ide karya yang menarik dan relevan dengan masalah yang ingin diselesaikan.
  • Lakukan riset untuk mengetahui apakah ide tersebut telah diimplementasikan sebelumnya dan untuk mendapatkan ide tambahan.
  • Buat rencana kerja yang jelas dan terinci.
  • Lakukan uji coba dan evaluasi secara berkelanjutan untuk memperbaiki karya tersebut.

Gunakan bahasa yang jelas dan format yang benar dalam menyusun laporan karya inovatif tersebut.

Kesimpulan

Menyusun PTK dan karya inovatif bukanlah hal yang mudah, namun dengan mengikuti kiat sukses yang telah dijelaskan di atas, Anda akan dapat meraih kenaikan pangkat dengan mudah.

Silahkan Mengisi Formulir Absensi Workshop 15 Maret 2023

25 comments

  1. Terimakasih atas ilmunya. Keterampilan guru untuk menulis PTS ataupun PTS bisa meningkat dengan mengikuti pemaparan materi spt dan berimbas pada skill belajar, kreativitas serta kolaborasi bisa meningkat.

  2. Workshop PTK ini menambah wawasan kami sebagai guru untuk mencari /menyelesaikan masalah2 yg terjadi di kelas dlm pembelajaran.

  3. Workshop PTK ini menambah wawasan kami sebagai guru untuk mencari/?menyelesaikan masalaha2 yg terjadi di kelas dlm pembelajaran.

  4. Sangat bagus penyampaian nya. Mohon bimbingannya sampai bisa dalam pembuatan PTK untuk kenaikan pangkat.

  5. Melalui seminar ini Penelitian Tindakan Kelas dan karya inovatif dapat di mulai untuk menyusun dalam rangka kenaikan pangkat ,serta meningkatkan kualitas dalam proses Pembelajaran .yang di mulai dengan langkah² yg relevan &terinci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *