Tata Tertib Perpustakaan Sd

Tata Tertib Perpustakaan Sd

Posted on

Tata Tertib Perpustakaan Sd

Salam Literasi Guru!

Sahabat Literasi Guru yang saya banggakan, marilah kita bahas tentang pentingnya tata tertib perpustakaan sekolah dasar (SD). Perpustakaan SD merupakan tempat yang sangat penting bagi para siswa dalam menimba ilmu dan mengembangkan pengetahuan mereka. Dengan adanya tata tertib perpustakaan, diharapkan para siswa dapat menggunakan fasilitas perpustakaan secara optimal dan teratur.

Tata tertib perpustakaan SD umumnya mengatur tentang berbagai hal, seperti jam buka perpustakaan, tata cara peminjaman dan pengembalian buku, serta perilaku yang diperbolehkan dan dilarang di dalam perpustakaan. Dengan adanya tata tertib ini, diharapkan para siswa dapat berperilaku tertib dan disiplin dalam menggunakan fasilitas perpustakaan.

Perpustakaan SD merupakan tempat yang sangat penting bagi para siswa, oleh karenanya perlu adanya tata tertib guna mengatur dan mengelola penggunaan perpustakaan. Tata tertib ini dibuat agar para siswa dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan sebaik-baiknya dan terhindar dari perilaku yang tidak diinginkan.

Pendahuluan

Perpustakaan SD merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang sangat penting. Perpustakaan menyediakan berbagai macam buku dan bahan bacaan yang dapat membantu siswa dalam belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka. Selain itu, perpustakaan juga merupakan tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar.

Namun, agar perpustakaan dapat berfungsi dengan baik, perlu adanya tata tertib yang mengatur tentang penggunaan fasilitas perpustakaan. Tata tertib perpustakaan umumnya mengatur tentang hal-hal berikut ini:

  • Jam buka perpustakaan
  • Tata cara peminjaman dan pengembalian buku
  • Perilaku yang diperbolehkan dan dilarang di dalam perpustakaan

Dengan adanya tata tertib perpustakaan, diharapkan para siswa dapat menggunakan fasilitas perpustakaan secara optimal dan teratur.

Isi Artikel

Tata tertib perpustakaan SD umumnya mengatur tentang berbagai hal, sebagai berikut:

  • Jam Buka Perpustakaan
Baca Juga:  Jenis Perpustakaan Yang Dapat Diakses Secara Elektronik

Jam buka perpustakaan SD biasanya disesuaikan dengan jam sekolah. Umumnya, perpustakaan SD buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00. Namun, ada juga beberapa perpustakaan SD yang buka hingga pukul 16.00 atau bahkan pukul 18.00.

  • Tata Cara Peminjaman dan Pengembalian Buku

Tata cara peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan SD biasanya cukup mudah. Siswa cukup menunjukkan kartu pelajar mereka kepada petugas perpustakaan untuk meminjam buku. Buku yang dipinjam harus dikembalikan paling lambat satu minggu setelah tanggal peminjaman.

  • Perilaku yang Diperbolehkan dan Dilarang di Dalam Perpustakaan

Perilaku yang diperbolehkan dan dilarang di dalam perpustakaan SD biasanya meliputi hal-hal berikut ini:

  • Siswa diperbolehkan membaca buku di dalam perpustakaan.
  • Siswa diperbolehkan meminjam buku untuk dibawa pulang ke rumah.
  • Siswa diperbolehkan berbicara dengan suara pelan di dalam perpustakaan.
  • Siswa tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam perpustakaan.
  • Siswa tidak diperbolehkan membawa tas atau barang bawaan lainnya ke dalam perpustakaan.
    Siswa tidak diperbolehkan berlari-larian atau bermain di dalam perpustakaan.

Kata Penutup

Demikianlah informasi tentang tata tertib perpustakaan SD. Dengan adanya tata tertib ini, diharapkan para siswa dapat menggunakan fasilitas perpustakaan secara optimal dan teratur. Selain itu, dengan adanya tata tertib perpustakaan, diharapkan para siswa dapat berperilaku tertib dan disiplin dalam menggunakan fasilitas perpustakaan.

Perlu dicatat bahwa tata tertib perpustakaan SD dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fasilitas perpustakaan SD, sebaiknya siswa membaca terlebih dahulu tata tertib perpustakaan yang berlaku.

Semoga dengan adanya artikel ini, sahabat literasi guru dapat lebih memahami pentingnya tata tertib perpustakaan SD dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan dengan baik dan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini. Salam literasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *