Daftar Pustaka Kamus Besar Bahasa Indonesia

Daftar Pustaka Kamus Besar Bahasa Indonesia

Posted on

Daftar Pustaka Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sahabat Literasi Guru, Halo!

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki kosakata yang sangat banyak dan beragam, yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Untuk mengetahui makna dari kata-kata tersebut, kita tentu membutuhkan kamus. Salah satu kamus bahasa Indonesia yang paling terkenal dan lengkap adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

KBBI pertama kali diterbitkan pada tahun 1988, dan terakhir direvisi pada tahun 2016. Dalam KBBI terbitan tahun 2016, terdapat lebih dari 100.000 kata, termasuk kata baku dan kata serapan dari bahasa lain. Setiap kata dalam KBBI dilengkapi dengan penjelasan makna, contoh penggunaan, dan juga asal usul kata tersebut. KBBI merupakan sumber informasi yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Indonesia, atau yang ingin mengetahui makna dari suatu kata tertentu.

Daftar Pustaka KBBI

KBBI disusun berdasarkan abjad, dari A hingga Z. Setiap kata dalam KBBI diberi nomor urut, dan nomor urut tersebut digunakan untuk merujuk ke kata tersebut dalam daftar pustaka KBBI. Daftar pustaka KBBI berisi daftar semua sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan KBBI. Daftar pustaka KBBI dapat ditemukan di bagian akhir KBBI, setelah kata-kata terakhir.

Daftar pustaka KBBI sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengetahui sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan KBBI. Dengan mengetahui sumber informasi tersebut, kita dapat menilai kredibilitas informasi yang disajikan dalam KBBI. Selain itu, daftar pustaka KBBI juga dapat membantu kita untuk menemukan informasi yang lebih lengkap tentang suatu kata tertentu.

Baca Juga:  Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

Manfaat Daftar Pustaka KBBI

Daftar pustaka KBBI memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Membantu pembaca untuk mengetahui sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan KBBI.
  • Membantu pembaca untuk menilai kredibilitas informasi yang disajikan dalam KBBI.
  • Membantu pembaca untuk menemukan informasi yang lebih lengkap tentang suatu kata tertentu.
  • Membantu pembaca untuk memahami makna dari suatu kata tertentu.
  • Membantu pembaca untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Penutup

Daftar pustaka KBBI merupakan sumber informasi yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Indonesia, atau yang ingin mengetahui makna dari suatu kata tertentu. Daftar pustaka KBBI dapat membantu pembaca untuk mengetahui sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan KBBI, menilai kredibilitas informasi yang disajikan dalam KBBI, menemukan informasi yang lebih lengkap tentang suatu kata tertentu, memahami makna dari suatu kata tertentu, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Demikianlah artikel tentang Daftar Pustaka KBBI. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca.

Disclaimer:

Artikel ini ditulis berdasarkan informasi yang tersedia di situs web Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan KBBI, tetapi hanya sebagai pelengkap. Jika Anda ingin mengetahui makna dari suatu kata tertentu, sebaiknya Anda merujuk ke KBBI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *