jenis jurnal ilmiah

Jenis Jurnal Ilmiah

Posted on

Jenis jurnal Ilmiah – Menyadur Pedoman Penyesuaian dan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Guru karangan Suprayitno, jenis-jenis jurnal ilmiah dapat terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Jurnal ilmiah cetak

Jurnal ilmiah cetak adalah kumpulan dari artikel-artikel ilmiah yang ditulis, dipresentasikan, lalu diterbitkan menjadi sebuah buku. Umumnya jurnal ilmiah cetak ditulis oleh peneliti, dosen, dan mahasiswa.

2. Jurnal ilmiah online

Jurnal ilmiah online bisa diartikan sebagai karya tulis ilmiah yang selanjutnya diterbitkan menjadi sebuah jurnal dengan mengunggah melalui media internet.

3. Jurnal ilmiah lokal

Jurnal ilmiah lokal merupakan karya tulis yang ditulis oleh suatu instansi yang sama dan diterbitkan hanya untuk kalangan di dalamnya. Contohnya adalah jurnal ilmiah yang ditugaskan oleh dosen.

4. Jurnal ilmiah nasional

Jurnal ilmiah nasional umumnya ditulis oleh penulis dari dalam negeri yang berasal dari negara yang sama. Kebanyakan yang menulis jurnal ilmiah nasional ini adalah dosen maupun profesor.

5. Jurnal ilmiah internasional

Kebalikan dari jurnal nasional, jurnal ilmiah internasional berasal dari beberapa negara di dunia. Umumnya jurnal ini ditulis menggunakan pengantar bahasa Inggris.

6. Jurnal ilmiah penelitian

Jurnal ilmiah penelitian merupakan karya tulis yang berisikan laporan penelitian yang dijadikan sebagai sebuah jurnal. Jurnal ilmiah pdf penelitian ini dituliskan berdasarkan dengan kemampuan, minat, dan tujuan.

Jurnal ilmiah adalah terbitan berkala peer-review yang diterbitkan oleh lembaga, perusahaan, atau masyarakat profesional atau akademis di backbone peneliti mempublikasikan berita atau laporan terkini dalam bentuk artikel hasil penelitian mereka.

Istilah jurnal ilmiah atau jurnal akademik berlaku untuk semua publikasi ilmiah di semua bidang, mulai dari ilmu sosial ilmiah dan kuantitatif hingga humaniora dan ilmu sosial kualitatif.

Baca Juga:  Daftar Pustaka Laporan Praktikum

Tujuan utamanya adalah untuk mendistribusikan pengetahuan tentang penelitian dan terobosan terbaru, dan bukan untuk menghasilkan uang. Kontributor artikel jurnal akademik mempublikasikan karyanya untuk membangun atau meningkatkan peringkat dan reputasi profesional mereka.

Baca Juga :

Jurnal Ilmiah adalah dan Contohnya

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *