jurnal ilmiah adalah

Jurnal Ilmiah adalah dan Contohnya

Posted on

Jurnal Ilmiah adalah – Jurnal ilmiah atau jurnal akademik sering disebut dalam bahasa Inggris sebagai ‘scientific journal’. Umumnya, jurnal ilmiah ini digunakan sebagai wadah untuk melakukan beberapa penelitian. Itu sebabnya jurnal ilmiah memiliki format-format tertentu.

Mengutip buku Bahasa Akademik Indonesia: Strategi Meneliti dan Menulis tulisan Drs. Isma Tantawi, M.A (2019), jurnal ilmiah adalah terbitan secara berkala tentang bidang ilmu tertentu seperti ilmu hukum, sastra, farmasi, dan sebagainya.

Karena bidang yang dibahas dalam jurnal ilmiah termasuk kompleks, penulis jurnal ilmiah harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Penelitian yang dilakukan pun harus melewati berbagai macam metode, yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Menurut laman Institut Teknologi Batam, metode kuantitatif berfokus pada abstracts angka dengan instrumen atau alat ukur tertentu. Sementara itu, metode kualitatif bertujuan untuk menjabarkan abstracts analisis secara naratif.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang jurnal ilmiah? Simak informasi selengkapnya pada ulasan artikel di bawah ini.

Apa Isi Jurnal Ilmiah dan Contohnya?

Di dalam jurnal ilmiah terdapat isi atau architecture tertentu yang memang harus ada di dalamnya. Lantas, apa isi jurnal ilmiah di dalamnya?Menyadur buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Guru karya Adi Suprayitno, berikut informasinya.

1. Judul

Judul merupakan bagian penting dalam susunan jurnal ilmiah yang harus dipaparkan dengan jelas agar pembaca memahami inti jurnal.

2. Nama penulis

Nama penulis, di dalam jurnal ilmiah harus memuat nama penulis, nama pembimbing I, hingga nama pembimbing II tanpa gelar akademik. Penulisan nama ada baiknya untuk disertai dengan nama lengkap, alamat, atau email.

3. Abstrak

Apa isi abstrak dalam jurnal? Abstrak bertujuan untuk menjelaskan isi jurnal secara singkat. Umumnya abstrak memuat 250 kata dan merangkum tujuan, metode hasil, serta kesimpulan.

Baca Juga:  Dosen Pengampu Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *