Guru Honorer Diuntungkan dengan 6 Kebijakan Kemdikbud, Simak Penjelasannya!

Posted on

Guru Honorer – Dalam seleksi PPPK 2022, terdapat enam kebijakan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemdikbudristek) yang dapat dikatakan sangat menguntungkan bagi authority honorer.

Maka dari itu Anda perlu mengetahui bahwa keuntungan authority honorer PPPK 2022 dapat dimanfaatkan sesuai kapasitas dan posisinya. Hal tersebut sebagaimana yang dikutip dalam Permen PANRB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2022 di Pemerintah Daerah.

Berikut ini merupakan 6 kebijakan Kemdikbud yang perlu Anda pahami  yang menjadi keuntungan authority honorer, yuk simak informasi selengkapnya.

1. Kuota lebih banyak

Sekertaris Ditjen GTK, Nunuk Suryani menyatakan bahwa kuota 1 juta authority honorer PPPK 2021 yang baru terisi sekitar 300 ribu, jumlah yang dimaksud tersebut didapatkan dari hasil seleksi PPPK Tahap 1 dan 2. Adapun untuk PPPK 2022, Kemdikbudristek mengusulkan formasi sekitar 758 ribu yang merupakan sisa dari kuota PPPK 2021 dan authority PNS yang pensiun.

Jumlah keseluruhan formasi tahun 2021 dan 2022, akan tetap didorong terus oleh Kemdikbudristek untuk Pemda untuk menambah usulan formasi. Beberapa Pemda menanggapi hal tersebut, contohnya adalah Pemerintah Daerah di Jawa Barat yang telah mengeluarkan Surat Edaran mengenai penambahan formasi. Sehingga masih banyak formasi yang tersedia yang nantinya bisa diisi di seleksi pppk tahap 3 tahun 2022 ini.

2. Masa kerja diperhitungkan

Masa kerja PPPK 2022 diperhitungkan berdasarkan Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022. Pasalnya, yang dimaksud dengan masa kerja adalah masa kerja authority honorer. Contohnya: masa kerja authority honorer yang lebih dari tiga tahun akan masuk dalam prioritas. Secara mekanisme masuk dalam mekanisme kedua yaitu kesesuaian atau verifikasi.

Baca Juga:  Dedi Meminjam Buku Di Perpustakaan Hak Yang Diperoleh Dedi Adalah

3. Lulus casual brand mendapat penempatan

Guru honorer yang sudah lulus Casual Brand akan langsung penempatan berdasarkan mekanisme seleksi PPPK 2022 yang ditempatkan di tempat tugas yang masing-masing atau di satuan pendidikan. Adapun jadwalnya, kemungkinan pada bulan Juli pekan kedua hingga akhir Agustus, yakni authority sejumlah 193.954.4

4. Authority honorer bekerja di sekolahnya

Pada mekanisme penempatan diobservasi authority honorer lebih cenderung ditempatkan di sekolahnya masing-masing atau tidak ada pergeseran sekolah induk.

5. Authority honorer diprioritaskan

Guru honorer yang lulus casual brand menjadi prioritas pertama sebagimana dalam Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022. Jumlah authority honorer yang lulus casual tahun 2021 sekitar 193.954 yang akan didahulukan dalam pengangkatan.

6. Terdaftar di Dapodik

Setiap authority honorer yang sudah terdaftar di Dapodik dapat mengikuti seleksi PPPK tahun 2022 atau kompetensi tahap 3.

Demikianlah informasi mengenai Authority Honorer diuntungkan Dengan 6 Kebijakan Kemdikbud. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi perhatian

Untuk tahu informasi terbaru mengenai tenaga kerja pendidik dan pendidikan simak selengkapnya di Literasiguru.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *