menulis laporan pengembangan diri

Menulis Laporan Pengembangan Diri untuk Guru

Posted on

Menulis Laporan Pengembangan Diri – Laporan pengembangan diri adalah laporan yang dibuat untuk mencatat dan mengevaluasi perkembangan diri setelah mengikuti program pengembangan diri. Laporan ini biasanya dibuat untuk membantu seseorang mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan membuat rencana pengembangan diri di masa yang akan datang.

Untuk membuat laporan pengembangan diri yang baik, ada beberapa langkah yang perlu diikuti, seperti menentukan tujuan laporan, membuat outline laporan, menuliskan latar belakang dan hasil yang telah dicapai, menuliskan kesimpulan, dan memberikan rekomendasi. Selain itu, pastikan untuk menulis laporan dengan jelas dan mudah dipahami, serta revisi laporan untuk memastikan kejelasan dan keakuratan informasi yang disajikan.

Untuk menulis laporan pengembangan diri yang baik, ada beberapa langkah yang perlu diikuti:

  • Tentukan tujuan laporan. Pastikan Anda mengetahui tujuan dari pembuatan laporan, agar laporan yang dibuat dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Buat outline laporan. Buat garis besar laporan dengan membuat outline yang mencakup inti dari laporan tersebut.
  • Tuliskan latar belakang. Jelaskan latar belakang dari laporan pengembangan diri, termasuk tujuan yang ingin dicapai dan cara-cara yang sudah dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Tuliskan hasil yang telah dicapai. Jelaskan hasil-hasil yang telah dicapai setelah melakukan pengembangan diri, termasuk perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Anda.
  • Tuliskan kesimpulan. Buat kesimpulan dari laporan pengembangan diri yang telah Anda buat, dengan menyajikan ringkasan dari hasil yang telah dicapai dan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Anda.
  • Tambahkan rekomendasi. Berikan rekomendasi untuk tahap selanjutnya dalam pengembangan diri Anda, sesuai dengan hasil yang telah dicapai dan tujuan yang ingin dicapai.
  • Revisi laporan. Setelah selesai menulis laporan, revisi laporan tersebut untuk memastikan kejelasan dan keakuratan informasi yang disajikan.
Baca Juga:  Perpustakaan Di Makassar

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menulis laporan pengembangan diri yang baik. Pastikan untuk memperhatikan tujuan laporan, dan menyusun laporan dengan sistematis dan jelas. Tambahkan rekomendasi untuk tahap selanjutnya dalam pengembangan diri, dan revisi laporan untuk memastikan kejelasan dan keakuratan informasi yang disajikan.

Berikut adalah contoh laporan pengembangan diri:

Judul: Laporan Pengembangan Diri

Latar Belakang:

Laporan pengembangan diri ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan diri setelah mengikuti program pengembangan diri selama 6 bulan. Program pengembangan diri yang diikuti meliputi kegiatan-kegiatan seperti pelatihan public speaking, mengikuti kursus bahasa Inggris, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Hasil yang Dicapai:

Setelah mengikuti program pengembangan diri selama 6 bulan, terdapat beberapa perubahan yang terjadi pada diri saya, diantaranya:

Kemampuan public speaking saya meningkat. Sebelumnya, saya sangat gugup saat harus berbicara di depan orang banyak. Namun setelah mengikuti pelatihan public speaking, saya merasa lebih percaya diri dan mampu menyampaikan ide-ide saya dengan lebih baik.

Kemampuan bahasa Inggris saya meningkat. Sebelumnya, saya hanya mampu menggunakan bahasa Inggris secara dasar. Namun setelah mengikuti kursus bahasa Inggris, saya merasa lebih mudah mengerti dan menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari.

Saya lebih terbuka terhadap orang lain. Sebelumnya, saya cenderung pendiam dan kurang terbuka terhadap orang lain. Namun setelah berpartisipasi dalam kegiatan sosial, saya merasa lebih mudah bergaul dan terbuka terhadap orang lain.

Kesimpulan:

Setelah mengikuti program pengembangan diri selama 6 bulan, terdapat beberapa perubahan yang terjadi pada diri saya. Kemampuan public speaking dan bahasa Inggris saya meningkat, serta saya lebih terbuka terhadap orang lain. Hal ini merupakan hasil yang positif dan menunjukkan bahwa program pengembangan diri yang saya ikuti telah memberikan manfaat yang signifikan bagi diri saya.

Baca Juga:  Aplikasi Perpustakaan

Rekomendasi:

Untuk tahap selanjutnya dalam pengembangan diri, saya akan terus meningkatkan kemampuan public speaking dan bahasa Inggris saya, serta terus berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Saya juga akan terus belajar dan mencari peluang untuk berkembang dan mengembangkan diri.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *