Daftar Pustaka Bahasa Inggris

Daftar Pustaka Bahasa Inggris

Posted on

Daftar Pustaka Bahasa Inggris

Kata Pembuka

Sahabat Literasi Guru yang budiman,

Di balik setiap karya ilmiah yang berkualitas, terdapat daftar pustaka yang berisi referensi buku, jurnal, dan sumber informasi lainnya yang digunakan sebagai dasar penelitian. Dalam bahasa Inggris, daftar pustaka disebut "bibliography" atau "reference list".

Menguasai cara membuat daftar pustaka bahasa Inggris merupakan keterampilan penting bagi para akademisi, peneliti, siswa, dan siapa saja yang ingin menulis karya ilmiah yang bermutu. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang seluk-beluk daftar pustaka bahasa Inggris, mulai dari format penulisan hingga contoh-contohnya.

Pendahuluan

Daftar pustaka memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka berfungsi sebagai sumber informasi bagi pembaca untuk mengetahui referensi yang digunakan penulis dalam menyusun karya ilmiahnya. Selain itu, daftar pustaka juga berfungsi sebagai bukti bahwa penulis telah melakukan penelitian yang mendalam dan menyeluruh.

Dalam bahasa Inggris, daftar pustaka disebut "bibliography" atau "reference list". Kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama, yaitu daftar sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya ilmiah. Namun, ada sedikit perbedaan dalam penggunaannya. Istilah "bibliography" biasanya digunakan pada akhir karya ilmiah, sedangkan istilah "reference list" biasanya digunakan di akhir bab atau bagian tertentu dalam sebuah karya ilmiah.

Isi Artikel

Daftar pustaka bahasa Inggris memiliki format penulisan yang baku. Format penulisan tersebut biasanya ditentukan oleh lembaga atau institusi yang menerbitkan karya ilmiah tersebut. Namun, secara umum, format penulisan daftar pustaka bahasa Inggris mengikuti pedoman berikut:

  1. Setiap referensi diawali dengan nama belakang penulis, diikuti dengan inisial nama depan.
  2. Tahun penerbitan buku atau jurnal ditulis setelah nama penulis, dalam tanda kurung.
  3. Judul buku atau jurnal ditulis setelah tahun penerbitan, dicetak miring.
  4. Kota penerbitan buku atau jurnal ditulis setelah judul buku atau jurnal, diikuti dengan penerbit.
  5. Jika suatu referensi merupakan bagian dari buku atau jurnal, maka judul bagian tersebut ditulis setelah judul buku atau jurnal, diikuti dengan nomor halaman.
  6. Setiap baris dalam daftar pustaka diberi spasi tunggal, dan jarak antara baris diberi spasi ganda.
Baca Juga:  Jenis Perpustakaan Yang Dapat Diakses Secara Elektronik 7 Huruf

Contoh Daftar Pustaka Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh daftar pustaka bahasa Inggris yang disusun berdasarkan pedoman di atas:

  • Brown, J. D. (2007). The Oxford English Dictionary. Oxford: Oxford University Press.
  • Chomsky, N. (1957). Syntactic Structures. The Hague: Mouton.
  • Orwell, G. (1949). Nineteen Eighty-Four. London: Secker & Warburg.
  • Russell, B. (1912). The Problems of Philosophy. London: Oxford University Press.

Kata Penutup

Demikianlah pembahasan tentang daftar pustaka bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Literasi Guru yang ingin menulis karya ilmiah yang bermutu. Perlu diingat bahwa artikel ini hanya membahas tentang format penulisan daftar pustaka bahasa Inggris secara umum. Untuk informasi lebih lengkap, silakan berkonsultasi dengan lembaga atau institusi yang menerbitkan karya ilmiah Anda.

Daftar pustaka merupakan bagian penting dari sebuah karya ilmiah. Dengan menyusun daftar pustaka yang baik dan benar, Anda dapat menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda telah melakukan penelitian yang mendalam dan menyeluruh. Selain itu, daftar pustaka juga dapat membantu pembaca untuk menemukan sumber informasi yang relevan dengan topik yang Anda bahas dalam karya ilmiah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *