Contoh Kajian Pustaka Makalah

Contoh Kajian Pustaka Makalah

Posted on

Contoh Kajian Pustaka Makalah

Kata Pembuka atau Pengantar

Halo Sahabat Literasi Guru!

Dalam dunia akademik, kajian pustaka merupakan salah satu bagian terpenting dalam penulisan makalah atau karya ilmiah lainnya. Kajian pustaka berfungsi untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang topik yang akan dibahas, sekaligus untuk menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh-contoh kajian pustaka yang baik dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, Sahabat Literasi Guru dapat lebih memahami bagaimana cara menulis kajian pustaka yang efektif dan berkualitas.

Pendahuluan

Kajian pustaka merupakan tinjauan terhadap karya-karya ilmiah yang sudah ada sebelumnya yang relevan dengan topik yang akan dibahas. Kajian pustaka bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang topik yang akan dibahas, sekaligus untuk menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Kajian pustaka dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Namun, secara umum, kajian pustaka meliputi:

  1. Mengumpulkan informasi tentang topik yang akan dibahas. Informasi ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, artikel, dan laporan penelitian.
  2. Menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh. Analisis dan evaluasi ini dilakukan untuk menentukan relevansi dan kualitas informasi tersebut.
  3. Mensintesis informasi yang diperoleh menjadi suatu kesimpulan yang komprehensif. Kesimpulan ini harus memberikan gambaran yang jelas tentang topik yang akan dibahas.

Contoh-Contoh Kajian Pustaka yang Baik

Berikut ini adalah beberapa contoh kajian pustaka yang baik dalam bahasa Indonesia:

  1. Kajian Pustaka tentang "Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa" karya Sutrisno (2018). Kajian pustaka ini membahas tentang berbagai penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa media sosial dapat berdampak positif maupun negatif terhadap prestasi belajar siswa. Kajian pustaka ini memberikan gambaran yang jelas tentang topik yang akan dibahas dan menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya.
  2. Kajian Pustaka tentang "Pembelajaran Kooperatif dalam Matematika" karya Dewi (2019). Kajian pustaka ini membahas tentang berbagai penelitian yang telah dilakukan tentang pembelajaran kooperatif dalam matematika. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam matematika. Kajian pustaka ini memberikan gambaran yang jelas tentang topik yang akan dibahas dan menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya.
  3. Kajian Pustaka tentang "Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Fisika" karya Budiman (2020). Kajian pustaka ini membahas tentang berbagai penelitian yang telah dilakukan tentang efektivitas pembelajaran berbasis masalah dalam fisika. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam fisika. Kajian pustaka ini memberikan gambaran yang jelas tentang topik yang akan dibahas dan menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya.
Baca Juga:  Use Case Diagram Perpustakaan

Kata Penutup

Demikianlah beberapa contoh kajian pustaka yang baik dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Literasi Guru yang sedang mengerjakan makalah atau karya ilmiah lainnya.

perlu diingat bahwa contoh-contoh kajian pustaka yang diberikan dalam artikel ini hanya beberapa contoh saja. Masih banyak contoh-contoh kajian pustaka yang baik lainnya. Yang terpenting, kajian pustaka yang ditulis harus relevan dengan topik yang akan dibahas, menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman yang baik tentang teori dan penelitian yang sudah ada sebelumnya, dan ditulis dengan bahasa yang jelas dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *