Cari NISN Berdasarkan Sekolah

Cari NISN Berdasarkan Sekolah

Posted on

Cari NISN Berdasarkan Sekolah – Halo, Sahabat Literasi Guru! Dalam era digital seperti sekarang, di mana teknologi semakin merambah ke berbagai aspek kehidupan, pendidikan juga tak luput dari sentuhan kemajuan tersebut. Salah satu upaya modernisasi di bidang pendidikan adalah penggunaan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Bagi Anda, para pendidik dan stakeholder pendidikan, memiliki akses mudah untuk mengecek NISN berdasarkan sekolah merupakan hal penting. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mencari NISN berdasarkan sekolah dengan mudah dan cepat.

Mengenal NISN dan Pentingnya Bagi Pendidikan

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mencari NISN berdasarkan sekolah, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu NISN. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. Kode ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi data siswa secara nasional, memudahkan dalam pengarsipan data, serta mempermudah pemerintah dan lembaga pendidikan dalam mengakses informasi terkait pendidikan siswa.

Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah

Bagi Anda yang ingin mencari NISN berdasarkan sekolah, langkah-langkahnya sangatlah sederhana. Anda dapat mengakses laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) di alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Setelah tiba di laman pencarian NISN sekolah, Anda akan diberikan opsi untuk melakukan pencarian NISN dengan beberapa metode, seperti nama atau NIK.

  1. Cek NISN dengan Nama

Apabila Anda ingin mencari NISN siswa berdasarkan nama, Anda dapat memilih opsi “Cari NISN dengan Nama”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nama lengkap siswa yang ingin Anda cari. Setelah memasukkan nama, sistem akan melakukan pencarian dan menampilkan hasilnya. Anda dapat melihat NISN serta informasi lainnya terkait siswa yang Anda cari.

  1. Cek NISN dengan NIK
Baca Juga:  Daftar Pustaka Sugiyono 2018

Selain mencari NISN dengan nama, Anda juga bisa melakukan pencarian menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan siswa. Caranya sama, pilih opsi “Cari NISN dengan NIK”, lalu masukkan NIK siswa yang ingin Anda cari. Sistem kemudian akan menampilkan hasil pencarian dengan NISN yang sesuai.

Contoh Pencarian NISN

Misalnya, Anda ingin mencari NISN siswa dengan nama “Anita Dewi”. Anda tinggal memilih opsi “Cari NISN dengan Nama” dan memasukkan nama “Anita Dewi”. Setelah itu, sistem akan menampilkan hasil pencarian yang mungkin mencakup beberapa siswa dengan nama serupa. Anda dapat memeriksa informasi tambahan seperti tempat tanggal lahir untuk memastikan Anda memilih NISN yang benar.

Keuntungan NISN Online dan Verval NISN

Dengan adanya sistem pencarian NISN secara online seperti yang disediakan oleh https://nisn.data.kemdikbud.go.id, Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke sekolah atau kantor Dinas Pendidikan setempat untuk mencari NISN siswa. Prosesnya lebih cepat, efisien, dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Selain itu, penting juga untuk memahami konsep verval NISN. Verval NISN adalah proses verifikasi ulang terhadap data siswa yang tercatat dalam sistem. Hal ini penting dilakukan guna memastikan bahwa data siswa tetap akurat dan up-to-date. Melalui platform NISN online, Anda juga dapat mengakses fitur verval NISN ini dengan mudah.

Sahabat Literasi Guru, begitulah cara mencari NISN berdasarkan sekolah dengan mudah dan cepat. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, pemanfaatan teknologi untuk mempermudah proses administrasi dan pengelolaan data siswa merupakan langkah yang positif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tengah berkecimpung di dunia pendidikan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Baca Juga:  Perpustakaan Di Makassar

P.S. Jangan lupa untuk selalu memastikan keakuratan data saat Cari NISN Berdasarkan Sekolah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *