cara menulis puisi

Cara Menulis Puisi Untuk Lomba

Posted on

Cara Menulis Puisi – Puisi masih jadi karya fiksi yang digemari. Tulisan sastra yang populer dengan keindahannya ini, masih lumayan terkenal baik di golongan anak muda apalagi hingga orang tua.

Tidak cuma keindahannya, nilai yang tercantum serta mau di informasikan oleh penulisnya pula jadi primadona. Asalkan dapat dimengerti dengan baik, hingga puisi tersebut hendak sangat menarik.

Puisi pula kerap dilombakan di ajang nasional hingga internasional. Tidak tidak sering, masih kerap dicari topik postingan yang mangulas perihal tersebut. Nah, jika kalian pula mau menjajaki lomba puisi, berikut merupakan 5 panduan cara menulis puisi untuk lomba yang dapat kalian coba buat mencapai predikat juara.

1. Tentukan topik puisi yang cocok dengan tema lomba

Saat sebelum menulis puisi, pasti kalian wajib mempersiapkan topik yang hendak kalian tulis. Topik di mari dapat berbentuk pembelajaran, keagamaan, ataupun apalagi tentang politik.

Kalian pula butuh mengecek tema lomba puisi tersebut. Ini sangat berarti, sebab hendak jadi bahan pertimbangan sangat utama dikala penjurian nanti.

2. Yakinkan tiap bait dalam puisi memiliki kesinambungan

Hayo, siapa yang masih kerap menulis puisi asal- asalan? Jika kalian merupakan salah satunya, hendaknya mulai saat ini wajib diganti.

Menulis puisi memanglah butuh kesabaran serta ketenangan biar apa yang di informasikan dapat dengan gampang tertuang. Membuat puisi buat lomba, haruslah terdapat keterkaitan antara baris dengan baris selanjutnya, maupun antar baitnya.

3. Tambahkan diksi yang indah, tetapi tidak sangat berat

Diksi merupakan opsi kata yang indah buat diselipkan dalam suatu karya baik fiksi ataupun nonfiksi. Terdapat sebagian diksi yang terkesan sangat asing, sehingga kalian butuh memilah serta memilahnya.

Baca Juga:  Use Case Diagram Perpustakaan

Jangan memakai diksi yang sangat banyak, sebab hendak memunculkan keambiguan untuk mereka yang awam. Pakai diksi yang ringan, tetapi pula dengan jatah yang normal.

4. Berarti melaksanakan studi saat sebelum menulis puisi

Kalaupun puisi itu tulisan fiksi, tetapi kita pula butuh mencermati tema lombanya. Terdapat sebagian lomba puisi yang berikan ketentuan wajib berkaitan dengan sejarah, budaya, maupun hal- hal nonfiksi yang lain.

Hingga dari itu, butuh melaksanakan studi lebih dulu. Ini berarti, biar puisi yang di informasikan dapat masuk, serta memiliki nilai pengetahuan yang memadasari tema tersebut.

5. Berani keluar dari zona aman, tulis puisi dengan bermacam jenis

Jika kalian telah terbiasa menulis puisi dengan bait aaaa ataupun apalagi abab, kayaknya butuh buat moveon saat sebelum menjajaki lomba. Terus menjadi unik serta beda, hingga puisimu hendak lebih berpeluang menemukan juara.

Saat ini ini telah banyak tipe puisi modern yang dapat kalian coba. Para juri yang telah handal sekalipun, pasti hendak sangat berminat serta melirik puisi tersebut. Jadi, wajib berani keluar dari zona aman, ya!

Seperti itu kelima panduan menulis puisi buat diikutkan lomba. Pastinya, seluruh panduan tersebut dapat kalian kembangkan lagi, ya. Terus menjadi kerap kalian menulis puisi, hingga hendak terus menjadi bagus puisi yang kalian hasilkan.

Bukan cuma itu, namun buat memenangkan suatu lomba butuh dicoba berulang- ulang sehabis berupaya semaksimal bisa jadi. Tetaplah berkarya, permasalahan menang itu merupakan bonusnya.

Tingkatkan Literasi Guru dengan Join channel kami:

Grup FB:
https://www.facebook.com/groups/1325891104489126/?ref=share

Follow Instagram:
https://www.instagram.com/invites/contact/?i=1m52i6p1e70v7&utm_content=op97ufr

Grup Telegram:
https://t.me/+hFGLbzk8j1tjNDQ1

Baca Juga:  Perpustakaan Universitas Tanjungpura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *