Cara Bikin Quizizz

Cara Bikin Quizizz Interaktif dan Menarik

Posted on

Cara Bikin Quizizz – Halo, Sahabat Literasi Guru! Selamat datang di artikel kami yang akan membahas cara bikin Quizizz dengan mudah dan menyenangkan. Jika Anda adalah seorang guru yang ingin membuat pengajaran lebih interaktif atau seorang siswa yang ingin menantang diri sendiri, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini, kami akan mengulas langkah-demi-langkah tentang cara membuat, menggunakan, dan bergabung dengan Quizizz. Jadi, mari kita mulai!

Cara Membuat Soal Quizizz di HP

Membuat Quizizz di ponsel Anda ternyata sangat sederhana. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi Quizizz: Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Quizizz di ponsel Anda.
  2. Buat Kuis Baru: Setelah masuk ke aplikasi, pilih opsi “Buat Kuis Baru”. Ini akan membuka halaman di mana Anda bisa mulai membuat soal-sol yang menarik.
  3. Tambahkan Soal dan Pilihan Jawaban: Isilah soal Anda beserta pilihan jawaban yang sesuai. Jangan lupa untuk menambahkan jawaban yang benar!
  4. Atur Waktu dan Skor: Anda bisa mengatur waktu yang diberikan untuk menjawab setiap pertanyaan serta skor yang akan diberikan kepada peserta yang menjawab dengan benar.
  5. Selesai dan Bagikan: Setelah semua soal ditambahkan, klik tombol “Selesai” dan Anda bisa langsung membagikan kuis Anda kepada siswa atau teman-teman Anda.

Cara Menggunakan Quizizz sebagai Siswa

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam kuis yang sudah dibuat, berikut langkah-langkahnya:

  1. Dapatkan Kode Kuis: Guru atau pembuat kuis akan memberikan Anda kode kuis yang perlu dimasukkan.
  2. Masukkan Kode: Buka aplikasi Quizizz dan masukkan kode kuis yang Anda terima. Ini akan mengarahkan Anda ke kuis yang sudah disiapkan.
  3. Jawab Pertanyaan: Baca pertanyaan dengan cermat dan pilih jawaban yang menurut Anda benar. Ingatlah, waktu bisa menjadi faktor penting!
  4. Lihat Skor: Setelah kuis selesai, Anda dapat melihat skor Anda dan bagaimana performa Anda dibandingkan dengan peserta lain.
Baca Juga:  Cara Membuat Buku Panduan di Canva

Cara Membuat Quizizz sebagai Guru

Sebagai seorang guru, Anda memiliki kendali penuh untuk membuat kuis yang sesuai dengan materi pelajaran. Berikut panduan singkatnya:

  1. Buat Akun Guru: Jika belum punya, buat akun guru di Quizizz. Ini akan memberikan Anda akses penuh untuk membuat dan mengelola kuis.
  2. Buat Kuis: Di dashboard guru, pilih opsi “Buat Kuis Baru”. Mulailah menambahkan pertanyaan, pilihan jawaban, dan penjelasan.
  3. Atur Opsi Kuis: Anda bisa mengatur opsi seperti waktu pengerjaan, skor, serta apakah peserta dapat melihat jawaban yang benar setelah menjawab.
  4. Bagikan Kode Kuis: Setelah kuis selesai, Anda akan mendapatkan kode khusus yang dapat dibagikan kepada siswa Anda.

Quizizz Join dan Cara Membuat Kuis Sendiri

Siswa cukup memasukkan kode kuis yang diberikan oleh guru atau teman untuk bergabung dalam kuis. Tetapi bagi Anda yang ingin membuat kuis sendiri, langkah-langkahnya hampir mirip dengan yang dijelaskan di atas.

Cara Membuat Quizizz di Google Form

Anda juga dapat membuat kuis menggunakan Google Form. Buat formulir dengan pertanyaan dan pilihan jawaban, lalu pilih opsi “Kuis” di pengaturan formulir. Google Form akan secara otomatis menghitung skor dan memberikan jawaban yang benar kepada peserta.

Cara Membuat Kuis di WhatsApp (WA)

Meskipun tidak ada fitur kuis bawaan di WhatsApp, Anda dapat membuat kuis dengan cara mengirim pertanyaan sebagai pesan dan meminta peserta untuk menjawab. Kemudian, Anda bisa merespons dengan jawaban yang benar.

Cara Membuat Quiz Online

Quizizz adalah salah satu platform populer untuk membuat kuis online, tetapi Anda juga dapat mencoba platform lain seperti Kahoot! atau Quizlet. Langkah-langkahnya akan bervariasi sedikit tetapi ide dasarnya tetap sama: buat pertanyaan, pilihan jawaban, dan atur opsi kuis.

Baca Juga:  Cara Membuat Buku Panduan di Canva

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sahabat Literasi Guru! Semoga artikel ini memberikan wawasan dan bermanfaat dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kreativitas Anda dalam membuat kuis yang unik dan menarik. Teruslah belajar dan berinovasi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *