mudah menulis ptk dan pts

Mudah Menulis PTK dan PTS untuk Guru Kreatif

Posted on

Mudah Menulis PTK dan PTS – PTK dan PTS merupakan dokumen penting yang harus dibuat oleh para guru. PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di dalam kelas, sementara PTS bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan siswa di tengah semester. Kedua dokumen tersebut memiliki peran penting dalam memastikan kualitas pembelajaran dan kemajuan siswa di sekolah.

Namun, banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menulis kedua dokumen tersebut. Mereka merasa kesulitan dalam mengekspresikan ide secara jelas dan terstruktur. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips dan trik mudah menulis PTK dan PTS untuk guru kreatif.

Persiapan Menulis PTK dan PTS

Sebelum mulai menulis PTK dan PTS, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar dokumen yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menulis PTK dan PTS:

  1. Memahami Konsep Dasar PTK dan PTS

Sebelum mulai menulis, pastikan Anda memahami konsep dasar PTK dan PTS. Anda juga perlu memahami tujuan dan metode penelitian pada kedua dokumen tersebut.

  1. Menentukan Tujuan Penulisan

Tentukan tujuan penulisan PTK dan PTS sebelum mulai menulis. Tujuan ini akan membantu Anda dalam mengarahkan penelitian dan menentukan langkah-langkah yang akan diambil.

  1. Mengumpulkan Data yang Diperlukan

Sebelum mulai menulis, pastikan Anda telah mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian. Data ini akan menjadi dasar dalam membuat kesimpulan dan rekomendasi pada dokumen yang akan Anda hasilkan.

  1. Membuat Rencana Penelitian

Setelah mengumpulkan data, buatlah rencana penelitian yang terstruktur dengan baik. Rencana penelitian akan membantu Anda dalam menentukan langkah-langkah yang akan diambil selama penelitian berlangsung.

Menulis PTK dan PTS yang Jelas dan Terstruktur

Setelah melakukan persiapan, selanjutnya adalah menulis PTK dan PTS. Berikut adalah beberapa tips dan trik menulis PTK dan PTS yang jelas dan terstruktur:

Baca Juga:  Daftar Pustaka Bahasa Inggris
  1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau istilah yang hanya dipahami oleh orang dalam bidang tersebut.

  1. Organisir Ide dengan Terstruktur

Organisir ide secara terstruktur agar pembaca dapat memahami penelitian yang dilakukan. Gunakan paragraf atau penghubung antara satu ide dengan ide yang lainnya agar tulisan Anda terlihat rapi dan mudah dipahami.

  1. Gunakan Tabel dan Grafik untuk Menyajikan Data

Gunakan tabel dan grafik untuk menyajikan data agar pembaca dapat lebih mudah memahami hasil penelitian yang Anda lakukan. Pastikan tabel dan grafik yang Anda buat mudah dipahami dan informatif.

  1. Gunakan Contoh Kasus atau Situasi dalam Kehidupan Nyata

Gunakan contoh kasus atau situasi dalam kehidupan nyata untuk menjelaskan konsep atau ide yang Anda sampaikan. Hal ini akan membantu pembaca memahami penelitian yang dilakukan dengan lebih baik.

Beberapa Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai PTK dan PTS

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai PTK dan PTS:

  1. Apa itu PTK dan PTS?

PTK adalah kegiatan penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di dalam kelas. Sedangkan PTS adalah kegiatan evaluasi kemajuan siswa di tengah semester.

  1. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menulis PTK dan PTS?

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menulis PTK dan PTS adalah memahami konsep dasar PTK dan PTS, menentukan tujuan penulisan, mengumpulkan data yang diperlukan, dan membuat rencana penelitian yang terstruktur dengan baik.

  1. Bagaimana cara menyajikan data dalam PTK dan PTS?

Data dalam PTK dan PTS dapat disajikan dengan menggunakan tabel dan grafik agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga:  Contoh Erd Perpustakaan
  1. Apa saja tips dan trik menulis PTK dan PTS yang jelas dan terstruktur?

Beberapa tips dan trik menulis PTK dan PTS yang jelas dan terstruktur adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami, mengorganisir ide dengan terstruktur, menggunakan tabel dan grafik untuk menyajikan data, serta menggunakan contoh kasus atau situasi dalam kehidupan nyata.

Kesimpulan

Menulis PTK dan PTS memang bisa menjadi tugas yang menantang bagi para guru. Namun, dengan persiapan yang tepat dan mengikuti beberapa tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda akan lebih mudah menulis dokumen tersebut dengan kualitas yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu para guru untuk menulis PTK dan PTS yang menarik dan kreatif.

Silahkan Mengisi Formulir Absensi Workshop 7 April 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *