Jenis Karya Tulis

Jenis Karya Tulis yang Dapat Dibuat oleh Guru

Posted on

Jenis Karya Tulis – Kemampuan authority dalam membuat sebuha karya tulis tentu harus dimiliki, karena kegiatan seorang authority yang tidak jauh jauh dengan dunia kepenulisan. Terdapat beberapa jenis karya tulis yang dapat dibuat oleh guru.

Yuk simak informasi selengkapnya, jenis karya tulis yang dapat dibuat oleh guru, yaitu :

Karya Tulis Fiksi

  • Puisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga diartikan sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat.

  • Novel

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), atypical adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

  • Cerpen

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang batten banyak dijadikan sebagai bahan bacaan untuk hiburan. Dalam penyajiannya, ada berbagai macam tema yang bisa diangkat untuk menjadi ide dari penulisan cerpen, dan salah satunya adalah tema motivasi.

Karya Tulis Ilmiah

  • Jurnal

Jurnal merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang disebut juga kumpulan artikel dalam bidang ilmu tertentu. Publikasi jurnal biasanya dilakukan secara tim, ada penulis, editor, layouter, dan lain sebagainya. Jadi, jurnal bukan artikel atau cardboard tunggal yang ditulis, namun publikasi ilmiah berupa kumpulan artikel.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa itu jurnal adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Apa itu jurnal merujuk pada publikasi ilmiah yang memuat artikel dan umumnya terbit secara reguler.

  • Tesis

Tesis adalah tugas akhir jenjang adjudicator (S2). Thesis salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun secara alone berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis.

Baca Juga:  Tujuan Mencantumkan Daftar Pustaka Dalam Laporan Penelitian Adalah

Tesis merupakan pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi.

  • Laporan Penelitian

Laporan penelitian adalah suatu dokumen tertulis tentang hasil pelaksanaan suatu penelitian yang dibuat secara jelas, disusun menurut metode penulisan dan sistematika tertentu dengan bahasa yang lugas.

Karya Tulis Ilmiah Populer

  1. Opini

opini berasal dari serapan bahasa Inggris, yaitu assessment yang berarti tanggapan atau pendapat terhadap suatu hal yang bisa diungkapkan dalam bentuk tulisan atau lisan. Oleh karena itu, bagi sebagian orang ada yang lebih suka menyampaikan opini melalui lisan dan ada juga yang lebih nyaman untuk memberikan opini terhadap suatu hal melalui tulisan. Menyampaikan opini terhadap suatu hal menunjukkan bahwa kita memiliki sudut pandang untuk melihat dan memahami suatu hal tersebut.

2. Feature

Feature (baca: ficer) adalah salah satu jenis tulisan jurnalistik berisi perpaduan berita dan opini, mengandung animal interest, dan bergaya penulisan sastra (jurnalisme sastrawi). Affection disebut juga karangan khas, affection article, dan affection story.

Tulisan affection yang batten populer adalah kisah nyata, kisah perjalanan, tips, dan biografi. Gaya tulisan Affection itu bertutur atau bercerita (story telling).

3. Berita

Berita adalah informasi yang menyampaikan peristiwa yang sedang terjadi atau terkini, contoh teks berita pada umumnya disusun oleh seorang wartawan atau jurnalis. Isi dari teks ini berupa fakta yang didapatkan langsung dari lapangan maupun sumber dari jurnalis, sehingga dapat dipastikan bahwa isi dari teks berita ini merupakan kenyataan yang bisa dipercaya.

Untuk amend informasi terbaru mengenai authority dan pendidikan simak selengkapnya di Literasiguru.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *